Tips Memilih Antivirus yang Baik

Posted: 4 April 2013 in TUTORIAL


Pada dasarnya semua program antivirus yang terudpate dengan baik dapat melindungi komputer dengan baik. Memilih program antivirus ibarat memilih motor, ada yang bilang Yamaha paling top karena mementingkan tarikannya paling kenceng, ada yang bilang ya Honda lebih mantap karena mementingkan bandel dan harga jualnya tinggi. 

Jadi semuanya kembali kepada anda sendiri dan sebaiknya anda menentukan kriteria membeli produk yang anda inginkan.

Beberapa kriteria yang dapat menjadi pertimbangan dalam membeli antivirus adalah :

1. Memiliki kemampuan deteksi malware yang terbaik.

Untuk melakukan pengetesan atas semua produk antivirus tentunya memerlukan pengetahuan dan sumber daya yang besar dan tidak bisa dilakukan sembarang orang / organisasi. 

Namun kita beruntung karena banyak organisasi independen yang kompeten melakukan pengetesan atas semua produk antivirus. Hasil pengetesan kemampuan deteksi malware terbaru oleh program-program antivirus ternama di dunia untuk bulan Juli 2012 – Februari 2013 dapat kamu lihat di Virus Bulletin RAP Averages Quadrant

2. Ada dukungan purna jual yang handal dan terpercaya. 

Ibarat motor, apakah anda akan memutuskan untuk membeli Yamaha jika tidak memiliki layanan purna jual yang selalu siap membantu ketika anda mengalami masalah ? Pastikan bahwa program antivirus yang anda beli tidak hanya di distribusikan saja tetapi mendapatkan dukungan support ketika menghadapi masalah karena sebenarnya piranti lunak yang kita beli tidak hanya CD / DVD atau boxnya saja, tetapi implementasi dari piranti lunak tersebut yang membutuhkan dukungan dari team support yang berpengalaman dan handal. 

Kalau bisa dapatkan bukti tertulis seperti “kartu garansi” untuk menjamin anda mendapatkan layanan dimasa depan jika menghadapi masalah. Jika anda memutuskan memilih membeli piranti lunak yang terkenal tetapi tidak dapat diimplementasikan dengan baik artinya manfaat yang anda dapatkan dari piranti lunak tersebut rendah dan sebenarnya anda mengalami kerugian dari transaksi tersebut.

3. Selain antivirus, pertimbangkan untuk mendapatkan fitur tambahan yang penting seperti :

Pengguna non bisnis :

– Antispam dan antivirus email.
– Firewall
– Parental Control (untuk menjaga anak anda dari konten berbahaya).
– Internet Control (untuk mengawasi waktu penggunaan internet).
– Backup data otomatis

Pengguna bisnis (semua fitur pengguna personal) ditambah :

– Application control (untuk membatasi instalasi aplikasi yang tidak diinginkan oleh karyawan).

– Device control (untuk membatasi penggunaan perangkat USB, CD Rom, Ext HDD tertentu saja yang bisa digunakan)

4. Dan terakhir yang harus anda lakukan sendiri adalah backup secara teratur

seluruh data anda ke jaringan / external HDD / DVD Rom untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu komputer anda mengalami crash / datanya dihancurkan oleh virus.

Beberapa produk antivirus memberikan fasilitas backup data otomatis untuk melindungi data anda yang di backup baik ke ext HDD, jaringan intranet atau DVD Rom. 

Untuk sistem Windowsnya ada yang memberikan fasilitas backup image harddisk secara berkala ke jaringan / ext HDD sehingga jika suatu saat sistem anda mengalami crash baik karena virus atau karena kerusakan hardware dalam waktu singkat anda bisa melakukan restore seluruh sistem dengan melakukan restore image yang sudah dibackup secara otomatis secara berkala sebelumnya

source

Komentar
  1. ahmadmahmudsmp@gmail.com mengatakan:

    🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s