Fakta penting di balik selai kacang

Posted: 5 Februari 2013 in INFOTAINMENT

Fakta penting di balik selai kacang

Selai kacang memang lezat. Namun masih banyak orang yang memperdebatkan tentang kandungan gizi dari makanan ini. Beberapa orang menganggapnya buruk, sementara yang lainnya tidak setuju.

Jika Anda adalah salah satu pecinta selai kacang, coba simak dulu fakta penting di baliknya seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

Kebaikan
Tahukah Anda, selai kacang sebenarnya mampu membantu untuk menurunkan berat badan. Namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebab selai kacang mengandung serat dan protein yang membuat Anda kenyang lebih lama sehingga menekan nafsu makan secara keseluruhan.

Selai kacang juga bersifat sebagai agen anti penuaan. Di dalamnya terdapat resveratrol – yang juga ditemukan dalam red wine – yang menurunkan jumlah kerutan pada kulit. Nutrisi lain dalam selai kacang adalah vitamin E, kalsium, zat besi, potassium, dan folat yang baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Kebaikan terakhir dari selai kacang adalah kandungan antioksidan di dalamnya yang menurunkan risiko penyakit kanker dan penyakit jantung.

Keburukan
Meskipun dinikmati secara terbatas, terkadang selai kacang juga memberi dampak buruk bagi tubuh. Terutama selai kacang yang ditambahkan gula berlebihan di dalamnya.

Untuk mengurangi risiko buruk dari selai kacang, Anda bisa menambahkan minyak palem ketika menikmatinya. Namun banyak orang yang menganggap selai kacang begitu lezat biasanya tidak sadar telah menghabiskan banyak porsi. Hal itulah yang akhirnya membuat dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jenis selai kacang
Jika Anda sering membeli selai kacang, pilih yang rendah lemak sekaligus alami. Kedua hal tersebut setidaknya sudah memenuhi syarat dari selai kacang yang menyehatkan.

Rendah lemak maksudnya adalah jangan sampai memilih selai kacang yang di dalamnya mengandung lemak jenuh tinggi. Kemudian alami maksudnya tidak memiliki tambahan gula atau garam di dalamnya.

Kesimpulannya? Selai kacang memang menyehatkan jika Anda memilih produk yang baik dan menikmatinya dengan tidak berlebihan. Selai kacang alami (dan sayuran) bahkan bisa menjadi pilihan sebagai camilan sore yang lezat sekaligus menyehatkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s