Tomat Cegah Serangan Jantung

Posted: 26 Januari 2013 in INFOTAINMENT
Headline


Tomat mampu menjaga kesehatan arteri sehinga memperlancar dan meningkatkan aliran darah. Tomat juga mencegah serangan jantung.

Untuk lebih memudahkan konsumsi tomat kini dikemas dalam bentuk pil yaitu ateronon yang berisi zat lycopene yang terkandung dalam kulit tomat yang memiliki khasiat membersihkan penyumbatan arteri atau jalan darah dari lemak yang menggumpal.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Cambridge menemukan bahkan pil tomat ini meningkatkan aliran darah dan meningkatkan lapisan pembuluh pada pasien penderita sakit jantung. Ini meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah sebesar 50%.

Para ilmuwan percaya itu juga bisa mencegah kerusakan sistem tubuh yang diakibatkan serangan jantung. Serangan jantung menjadi penyebab atas kematian 180.000 orang tiap tahunnya dan 49.000 lainnya akibat stroke, penyakit yang dipicu oleh serangan jantung.

Penelitian melibatkan 36 orang dengan penyakit jantung dan 36 relawan lainnya sehat dengan usia rata-rata 67 tahun. Mereka diberikan pil tomat selama dua bulan.

Hasilnya, terbukti meningkatkan fungsi endotelium-lapisan sel yang melapisi pembuluh darah. Hal ini juga meningkatkan sensitivitas terhadap oksidanitrat, gas yang memicu pelebaran pembuluh darah ketika berolahraga.

“Hasil ini berpotensi sangat signifikan, tapi kita perlu uji lebih untuk melihat apakah mereka diterjemahkan ke dalam serangan jantung dan stroke lebih sedikit,” ujar Ian Wilkinson, unit uji klinis dari Cambridge University.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh hasil yang lebih kuat dan diharapkan bisa menjadi alternatif penyembuhan bagi penderita sakit jantung, namun tidak bisa mengkonsumsi obat penurun kolesterol.

Hasil penelitian telah dipresentasikan pada pertemuan American Heart Association, seperti dirilis dari dailymail.co.uk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s