Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor di Malam Hari

Posted: 25 Januari 2013 in INFOTAINMENT

Headline


Berkendara sepeda motor pada malam hari membutuhkan perhatian yang jauh lebih istimewa ketimbang berkendara di siang hari. Seperti apa?

Berkendara di malam hari, selain jarak pandang yang terbatas, juga penerangan yang sering kali tidak memadai. Oleh karena itu banyak hal yang harus diperhatikan jika kita harus berkendara pada malam hari.

Berikut adalah tips berkendara sepeda motor di malam hari yang harus diperhatikan.

1. Penglihatan

Salah satu hambatan yang sulit untuk diatasi pada sepeda motor adalah cahaya lalu lintas yang lewat dari arah yang berlawanan. Bahayanya jika Anda melihat cahaya kendaraan yang berlawanan secara langsung dapat menyebabkan kaburnya penglihatan.

Karena itu Anda harus membiasakan diri untuk mengalihkan pandangan untuk tidak menatap langsung sorotan lampu mobil. Ini adalah hal penting yang harus Anda latih agar terbiasa.

2. Visor atau Kaca Helm

Jika Anda harus melanjutkan perjalanan untuk berkendara di malam hari, masalah ini sering kali kita temukan di saat memakai helm dengan kaca gelap. Penggunaan kaca semacam ini pada helm, justru mengurangi ketajaman penglihatan.

Sebelum terjebak dalam situasi seperti ini, kita harus mengganti kaca helm dengan yang bening atau menggunakan yang adaptif.

3. Visibilitas

Untuk menghindari motor Anda ditabrak oleh kendaraan lain, gunakanlah jaket pelindung dan helm dengan warna atau motif yang terang. Selain itu, bisa juga menggunakan tape reflektif pada sisi velg roda Anda, spakbor belakang atau jok.

Solusi lain juga bisa dengan tambahan lampu belakang, karena jika Anda mengendarai motor hitam dan Anda menggunakan atribut serba hitam, tambahan lampu ini akan menjadi penting.

4. Trik Berkendara

Prosedur yang paling sering adalah di antara pengendara lain pada malam hari untuk mengambil keuntungan dari penerangan tambahan. Dengan cara ini Anda dapat mengamati jalan dengan lebih baik dan dapat mengetahui dengan mudah jika ada lubang pada jalan dan dapat menghindarinya.

Fleksibilitas tentang posisi jalur adalah hal yang harus dipertimbangkan juga. Dengan mengatur kecepatan dan jalur yang berubah akan membantu menciptakan ruang lebih banyak di sekitar Anda jika harus menghindari masalah yang terjadi.

5. Selalu Konsentrasi

Tips yang terakhir adalah tetap menjaga perilaku Anda untuk tetap tenang dan konsentrasi dalam berkendara di malam hari.


source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s