Shortcut Menarik di Windows 7

Posted: 26 Desember 2012 in INFOTAINMENT, TUTORIAL

Sesuai namanya, shortcut merupakan jalan pintas untuk mengakses atau melakukan sesuatu pada aplikasi komputer. Tujuan dibuatnya shortcut memang untuk mempercepat pengguna mengeksekusi suatu perintah pada komputer dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard. Pada sistem operasi apapun, penggunaan shortcut keyboard dapat menghemat waktu kita daripada harus repot-repot menggerakkan mouse pointer. Edisi ini ada 10 daftar shortcutWindows 7 yang bisa Anda gunakan untuk efektifitas kerja Anda.

Win + 1, 2, 3, dst

Sebelumnya saya mau tanya, ada yang belum tahu tombol Win / Windows? Itu lho tombol yang bergambar logo Windows yang biasanya terletak di bawah susunan keyboard. Ternyata kombinasi yang melibatkan tombol itu banyak menyimpan rahasia. Salah satunya adalah kombinasi tombol Win + angka 1, 2, 3, dan seterusnya berfungsi untuk menjalankan atau membuka program yang ada di taskbar.

Taskbar

Angka 1, 2, 3, dan seterusnya merupakan urutan aplikasi yang aktif di taskbar. Shortcut ini berguna jika ada banyak aplikasi aktif dan mempercepat akses antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya.


Win + Alt + 1, 2, 3, dst

Hampir sama dengan shortcut yang pertama, hanya saja kombinasi Win + Alt + 1, 2, 3, dan seterusnya mengaktifkan jump list pada aplikasi yang aktif di taskbar.

Taskbar Jumplist

Jump list ini berguna ketika Anda membutuhkan file yang pernah dibuka dengan aplikasi terkait, atau history dari browsing internet, atau aplikasi lainnya yang berkaitan.


Win + T

Kombinasi tombol Win + T akan mengaktifkan window preview aplikasi yang aktif di pada taskbar. Sama halnya jika kita mengarahkan (hovermouse pointer ke salah satu aplikasi.

Taskbar Hover List

Menekan kombinasi ini berulang-ulang berarti mengaktifkan window preview semua aplikasi secara berurutan.


Win + Home

Kombinasi tombol Win + Home akan membuat seluruh window aplikasi ter-minimize kecuali windowyang aktif saat ini.


Win + B

Kombinasi tombol Win + B berfungsi untuk memilih system tray pada taskbar. Cukup tekan kombinasi ini sekali lalu pilih system tray dengan mengarahkannya menggunakan tanda panahkeyboard. Tekan enter untuk membuka system tray yang dipilih.

System Tray

Shortcut ini bermanfaat jika suatu saat mouse atau touchpad kita macet tapi kita harus mengaksessystem tray.

Win + Arah Atas / Bawah

Selama memiliki opsi untuk minimize dan restore window, kombinasi tombol ini bisa digunakan untuk melakukan minimize atau restore window yang sedang aktif. Dengan begitu kita tidak perlu lagi repot menggunakan mouse untuk melakukan minimize sebuah window.

Alt + Esc

Jika kita suka melakukan pemindahan window dengan menggunakan Alt + Tab, maka Alt + Esc memiliki fungsi yang sama akan tetapi tidak ada fancy window yang digunakan untuk memilihwindow yang kita tuju.

Fancy Window

Mungkin sedikit kurang efisien jika banyak aplikasi yang dibuka, tapi setidaknya bisa jadi alternatif pilihan untuk window switching.

Win + Pause Break

Kombinasi tombol ini akan membuka system properties dari komputer kita. Memudahkan dan mempercepat akses untuk melihat system summary dan beberapa statistik sistem lainnya.

System Properties


Ctrl + Esc

Shortcut ini berfungsi untuk menjalankan Start Menu Windows. Berguna jika suatu saat tombolWindows pada keyboard kita mengalami malfungsi.

Start Menu

Akan tetapi kombinasi ini tidak dapat menggantikan fungsi tombol Windows untuk kombinasi lainnya.

Ctrl + Shift + Esc

Kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc berfungsi untuk membuka aplikasi task manager tanpa harus membuka melalui kombinasi Ctrl + Alt + Del terlebih dahulu.

Task Manager

Alt + Arah atas (up)

Shortcut ini berfungsi untuk navigasi ke folder satu tingkat di atasnya. Ini berguna jika suatu saat kita membuka folder pada direktori yang cukup dalam dan shortcut ini mempermudah kita untuk kembali ke folder di atasnya.

Shift + Del

Menghapus file di Windows biasanya akan ditampung dulu di Recycle bin dengan tujuan seuatu saat dapat di kembalikan jika memang dibutuhkan. Tapi apabila penghapusan file secara permanen tanpa harus ditampung di Recycle bin terlebih dahulu, kombinas Shift + Del adalah jawabannya.

Permanently Delete

Berhati-hatilah menggunakannya karena file yang sudah dihapus maka akan sulit untuk dikembalikan.

Shift + F10

Kombinasi Shift + F10 berfungsi untuk membuka contextual (klik kanan) menu suatu file ataufolder. Gunanya mempercepat akses terutama jika kita mengetahui opsi mana yang akan kita pakai dalam menu itu.

Popup Menu

Adakalanya keyboard memiliki tombol khusus yang berfungsi sama dengan kombinasi shift + F10. Keduanya dapat dipakai, dan Anda yang bisa menentukan mana yang lebih nyaman penggunaannya.

Ctrl + Shift + N

Kombinasi Ctrl + Shift + N ini berguna untuk membuat folder baru. Dengan menggunakan kombinasi tombol ini, kita dapat menghemat waktu untuk membuat folder baru tanpa harus menavigasikan ke menu atau toolbar di Windows Explorer.

Alt + Enter

Alt + Enter berfungsi untuk membuka file properties suatu file atau folder yang di dalamnya berisi seperti ukuran file, tanggal akses, dan lainnya.

File Properties

F2

Tombol fungsi pada keyboard juga bisa menjadi shortcut termasuk tombol F2. Tombol ini berguna untuk melakukan rename pada file atau folder. Tak hanya di Windows, hampir di seluruh platformkomputer tombol ini sudah menjadi standar untuk file renaming.

F3

Tombol fungsi lainnya yang bisa digunakan adalah F3 untuk menavigasikan search bar diWindows Explorer.

F3 Action

Ini bisa mempermudah kita jika ingin melakukan pencarian suatu file khususnya di tumpukan fileyang sangat banyak.

F6

Pada Windows Explorer, tombol fungsi ini akan menavigasikan fokus ke location baroption bar, panel kanan, dan panel kiri secara bergantian. Adakalanya fungsi ini juga bisa digunakan di aplikasi lainnya.

F10

Tombol fungsi ini menavigasikan fokus ke menu bar pada Windows Explorer. Kemudahan yang didapat adalah kita dapat mempercepat akses ke menu bar jika suatu saat kita membutuhkan opsi-opsi yang ada pada menu tersebut.

Toggle Menu

Penutup

Itu tadi 10 kombinasi keyboard sebagai shortcut key pada Windows 7 dan mungkin juga bisa berfungsi pada Windows Vista. Tidak mudah memang merubah kebiasaan dari penggunaanmouse ke penggunaan shortcut, tapi untuk efisiensi kenapa tidak? Masih banyak shortcut lainnya
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s