Makan buah dan sayur tidak mampu menguruskan badan?

Posted: 16 Desember 2012 in INFOTAINMENT

 Makan buah dan sayur tidak mampu menguruskan badan?

Ketika berdiet, Anda pasti disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur demi menghindari tumpukan kalori tidak menyehatkan dalam tubuh. Namun menurut penelitian terbaru, cara itu ternyata bukan solusi diet yang efektif dalam jangka panjang.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail , makan buah dan sayur segar selama berbulan-bulan tak akan memberi dampak jangka panjang dan justru membuat seseorang lebih kelaparan nantinya.

Selain itu, minum jus buah sebelum makan ternyata juga malah berakibat orang yang berdiet lebih banyak makan. Hal itu disampaikan oleh peneliti dari Purdue University di Indiana.

Menurut peneliti, jus buah membuat seseorang makan 100 kalori lebih banyak. Sebab orang-orang tersebut sering melakukan kesalahan dan sulit membedakan antara haus dan lapar. Sehingga pada akhirnya orang yang berdiet akan berusaha memenuhi perutnya sampai terasa kenyang.

Penelitian ini jelas bertentangan dengan pernyataan makan buah dan sayur bisa membuat seseorang kenyang lebih lama. Peneliti Richard Mattes dari Purdue University lantas menegaskan kalau saran mengonsumsi buah dan sayur saat berdiet itu sebaiknya dipahami dengan lebih baik oleh orang-orang.

“Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan ahli gizi demi memastikan perbaikan program diet agar berat badan Anda berhasil turun,” tutur Mattes.

Hasil penelitian tersebut disetujui oleh Barbara Rolls dari Pennsylvania State Universityyang tidak terlibat penelitian. Menurutnya, seseorang harus berhati-hati dalam mengombinasikan makanan yang dikonsumsi. Sehingga saran makan lebih banyak sayur dan buah saja tidak cukup membuat seseorang kurus dengan cepat.

“Teori ini secara sederhana menjelaskan banyak orang yang minum jus menganggapnya sebagai sedikit asupan kalori. Sehingga mereka tidak perlu mengurangi jatah makan setelah minum jus, padahal jus buah memberikan kalori yang cukup tinggi,” tandas Rolls.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s