Pesawat Ini, dari Sabang sampai Merauke Cuma 1 Jam

Posted: 15 November 2012 in INFOTAINMENT, TEKNOLOGI

Sebuah pesawat jet hipersonik bergaya Thunderbirds dikembangkan untuk penerbangan militer jarak jauh di masa depan. Pesawat bernama X-51A WaveRider itu menggunakan mesin revolusioner yang bisa membuatnya menempuh jarak dari Sabang sampai Merauke dalam waktu kurang dari 1 jam.

Pesawat ini diujicobakan. Pesawat akan diterbangkan dari Edwards Air Force Base di Gurun Mojave, California, dengan bomber wing. Kemudian, jet akan dilepaskan dari ketinggian 15,24 km di dekat tanjung Point Mugu.

Setelah dilepaskan, mesin dalam pesawat akan mulai bekerja dan membuat pesawat bergerak hingga 4,5 Mach atau 5.513 km per jam dalam beberapa detik. Jika semua berjalan lancar, pesawat bisa bergerak hingga kecepatan 6 Mach atau 7.350 km per jam dan naik ketinggiannya mencapai 21,34 km.

Misi ini akan berlangsung selama 300 detik, penerbangan pesawat terlama yang dialami pesawat tersebut. Setelah itu pesawat akan “ditabrakkan” ke laut dan tidak ada rencana untuk menyelamatkan pesawat hebat tersebut.

Proyek pengembangan pesawat hipersonik ini didanai oleh NASA dan Pentagon. Diharapkan, pesawat dapat digunakan untuk kepentingan militer di masa depan. Menurut Globalsecurity.org, dana yang dibutuhkan mencapai 89 juta poundsterling.

Mengapa pesawat secepat itu? Ada rahasianya. Screamjet ini merupakan pesawat airbreathing karena pesawat ini tidak membawa bahan bakar dan oksigen, tetapi hanya membawa bahan bakar berupa hidrogen dan “menarik” oksigen yang dibutuhkan untuk membakarnya di atmosfer.

Udara akan masuk ke bagian depan mesin dan hidrogen akan diinjeksikan ke dalam aliran udara itu. Gas yang dikompresi menyebabkan suhu naik dan pembakaran terjadi. Ini menghasilkan dorongan yang memungkinkan jet melakukan perjalanan pada kecepatan tinggi.

Pengembangan pesawat ini sejalan dengan pengembangan pesawat masa depan, pesawat supersonik dengan kecepatan lebih dari 5 kali kecepatan suara. Pengembangan supersonik sama halnya dengan evolusi dari pesawat yang digerakkan baling-baling menjadi pesawat jet.

Robert Mercier, deputi teknologi sistem kecepatan tinggi di Air Force Research Laboratory di Ohio, seperti dikutip Daily Mail hari ini mengatakan, “Sejak Wright Brothers, kita terus berusaha mengembangkan pesawat yang lebih baik dan lebih cepat. Hipersonik adalah salah satu yang potensial dalam penerbangan.”

Saat ini, pesawat penumpang tercepat adalah Cessna Citation X yang mampu mencapai kecepatan 1.126 km per jam atau 0,9 Mach, meski cuma mengangkut 7 penumpang. Pesawat lain adalah Falcon 7X dengan kecepatan 1.102 km per jam serta Gulfstream G550 dengan kecepatan 1.086 km per jam.

Sumber :Daily Mail

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s