Jenis lemak yang menurunkan kolesterol

Posted: 6 Oktober 2012 in INFOTAINMENT

5 Jenis lemak yang menurunkan kolesterol

Beberapa jenis lemak jenuh memang memberi risiko penyakit kardiovaskular pada tubuh. Namun ada pula beberapa jenis lemak baik yang justru menurunkan kolesterol Anda. Simak lemak baik tersebut seperti yang dilansir dari Indiatimes berikut ini.

Red wine
Sudah banyak penelitian yang menyebutkan red wine banyak mengandung antioksidan. Fungsi dari antioksidan itu tidak lain adalah mencegah penyakit kanker tertentu. Senyawa saponin dalam red wine pun bertanggung jawab dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Namun ingat, minum red wine sebaiknya dibatasi sebesar satu gelas saja dalam sehari.

Minyak zaitun
Ketika menggoreng atau mengolah makanan, jenis minyak apa yang biasa Anda gunakan? Jika Anda mulai menggunakan pilihan minyak zaitun, maka itu adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan kolesterol.

Lemak tak jenuh
Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, baik (LDL) dan jahat (HDL). Untuk menurunkan kolesterol jahat, Anda sebaiknya rutin mengonsumsi lemak tak jenuh. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah kacang, alpukat, almond, kenari, dan jenis kecang-kacangan yang lain.

Lemak jenuh
Sebenarnya, lemak jenuh juga berguna bagi tubuh. Sebab sifatnya mengurangi kedua jenis kolesterol, baik dan jahat sekaligus. Maka dari itu, konsumsi lemak jenuh harus benar-benar dibatasi.

Daging
Daging pun bisa membantu Anda menurunkan kolesterol dalam tubuh. Namun ingat, belilah daging yang sudah dipisahkan bagian lemaknya. Sebab lemak daging tersebut bersifat jenuh dan jika dikonsumsi berlebihan justru akan berbahaya bagi tubuh. Selain itu, lebih baik mengolah daging dengan merebus, memanggang, mengukus, atau membakarnya daripada menggoreng. Pasalnya, menggoreng akan menambah jumlah lemak jenuh dan meningkatkan kolesterol.

Nah, itulah jenis lemak yang menurunkan kolesterol. Selalu batasi konsumsi makanan yang Anda makan demi menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s