Dua supercar tangguh Italia sapa Indonesia

Posted: 26 September 2012 in INFOTAINMENT, TEKNOLOGI

Bertempat dan dalam waktu yang bersamaan yaitu di showroom Ferrari dan Maserati, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat 8 Juni 2012 telah diluncurkan supercar generasi terbaru Ferrari 458 Spider dan Maserati Granturismo MC Stradale.

Sayang mengenai harga pihak Ferrari Indonesia tidak memberitahukan. Padahal di Italia, supercar ini dilepas dengan harga sekitar Rp 2 miliar, sedang Ferrari Malaysia yang pada pertengahan bulan lalu menghadirkan Ferrari 458 Spyder juga memberitahukan harga supercar ini adalah 1,9 juta Ringgit atau setara dengan Rp 5,64 miliar.

Ferrari 458 Spider ini hadir dengan deflektor angin elektrik yang bisa menambah sistem aerodinamis kendaraan. Selain itu, juga bisa mengurangi suara bising di dalam ruang kabin, meski sedang berada di kecepatan 200 km/jam. Sistem ini membuat supercar convertible ini bisa seperti mobil dengan atap biasa.

Kuda Jingkrak 458 Spider ini menggunakan atap keras (hard-top). Sistem buka tutup atapnya memakan waktu 14 detik. Model ini sudah disematkan dengan velg 20 inci dan dibungkus dengan ban berukuran 235/35 di depan dan ban belakang 295/35.

Untuk sumber tenaga Ferrari 458 Spyder ini diperkuat mesin V8 4,5 liter yang juga digunakan pada Ferrari 458 Italia. Performa mesin ini memiliki daya maksimal yang mencapai 570 hp pada putaran mesin 9.000 RPM sedangkan kemampuan torsi tertinggi dapat mencapai 540 Nm yang tersedia pada putaran 6.000 rpm.

Performa mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 7 percepatan milik mobil balap Formula 1 yang juga berkopling ganda. Alhasil, Ferrari 458 Spider mampu melesat dari 0-100 km/h hanya dalam 3,4 detik. Sedangkan kecepatan puncak 318 km/h atau lebih lambat dari Ferrari 458 Italia yang mencapai 325 km/h. Hal ini disebabkan bobot yang bertambah karena adanya sistem atap convertible ini.

Sedangkan untuk supercar Maserati GranTurismo MC Stradale akan dibanderol dengan harga Rp 3,5 miliar. “Orang membeli Meserati untuk merasakan kenyamanan meski memiliki unsur mobil balap,” kata Chief Executive Officer Maserati Indonesia, Irvino Edwardly.

Maserati GranTurismo MC Stradale adalah keluarga GranTurismo. Supercar yang juga berasal dari Italia ini, diperkuat mesin 4.691 cc yang memiliki rasio kompresi yang cukup rendah untuk mobil sport yakni hanya 11:1, tetapi dengan nilai kompresi ini tetap memerlukan bahan bakar berjenis Pertamax plus.

Dari jantung pacu, supercar berdesain eksotis tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 450 hp pada putaran 7.000 rpm, dengan torsi yang mencapai 510 Nm di putaran 4.750 rpm. Akselerasi 0-100km/h dibutuhkan waktu hanya 4,6 detik sebelum menyentuh kecepatan puncaknya 301 km/h. (kpl/vin)

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s