Naskah kuno Tibet ditemukan di Lhasa

Posted: 25 September 2012 in SENI DAN BUDAYA
Spesialis kebudayaan di Tibet, Cina telah menemukan lebih dari 100 halaman naskah kuno Tibet yang dibuat pada abad ke-13.

Berdasarkan keterangan Tashi Gyatso, petugas resmi pada kantor kebudayaan Lhasa, dokumen yang berisi tentang obat-obatan tradisional Tibet dan agama ini ditemukan minggu lalu pada sebuah kuil di wilayah Nyemo, di bagian luar Lhasa.

Berdasarkan Xinhua, Gyatso mengatakan bahwa petugas kebudayaan lokal saat ini berusaha memasukkan dokumen langka ini pada daftar warisan budaya Cina yang sudah hampir punah.

“Halamannya banyak yang terlepas dan dokumen ini tidak lengkap,” katanya, seperti dilansir olehTimes of India.

Dokumen kuno ini ditulis menggunakan tinta hitam pada kertas yang terbuat dari serat kayu. Meskipun begitu, tulisan pada dokumen ini masih bisa dibaca. Walaupun bahasa yang ditulis adalah bahasa Tibet, namun nomor yang ada pada tiap halaman naskah ini ditulis dengan angka Cina.

“Dokumen ini dibuat pada jaman Dinasti Yuan (1271 – 1368), hampir 800 tahun yang lalu,” kata Pempa Tsering, seorang pengamat literasi Tibet yang berasal dari Lhasa.

Hingga saat ini, telah ada 853 peninggalan budaya yang ditemukan di Lhasa. Kantor kebudayaan berusaha membuat daftar barang-barang kebudayaan yang langka ini untuk selanjutnya akan disimpan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s