Tips sederhana menumbuhkan anggrek

Posted: 18 September 2012 in INFOTAINMENT
Anggrek merupakan salah satu jenis bunga cantik yang bisa Anda tanam di kebun. Selain mudah, cara perawatannya pun tidak serumit yang Anda bayangkan. Ayo simak beberapa tips sederhana menumbuhkan anggrek seperti yang dilansir dari Boldsky (04/08) berikut ini.

Proses pembiakan
Menanam anggrek dari biji cukup sulit dilakukan. Sebab mereka harus ditanam dalam pot dengan jumlah air yang cukup. Anggrek juga butuh beberapa jenis jamur sebagai nutrisi untuk berkembang biak.
Jadi, lebih baik Anda membeli anggrek kecil yang sudah ditanam di dalam pot. Anggrek seperti ini lebih mudah dirawat.
Ingat, Anda perlu menanam anggrek di dalam pot plastik. Jangan lupa memilih pot dengan lubang di bawahnya untuk sistem pengairan yang baik.

Air dan tanah
Anggrek membutuhkan banyak nutrisi dari tanah untuk tumbuh. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa tanah bagi anggrek sudah cukup subur.
Tetap beri pupuk pada anggrek secara rutin, terutama ketika anggrek tengah berbunga.
Anggrek bisa tumbuh dengan sedikit air. Jadi, hati-hati ketika menyiram tanaman ini. Anda bahkan bisa menyiram anggrek satu minggu sekali saja. Selain itu, jangan biarkan air menggenang dalam pot tanaman anggrek Anda.
Walaupun butuh sedikit air, anggrek nyatanya harus banyak-banyak terkena sinar matahari. Biarkan anggrek berada di luar ruangan agar mereka mampu tumbuh dengan subur.

Pemangkasan
Anda boleh memangkas bagian batang anggrek yang sudah mengering. Batang lain akan tumbuh kembali dan memiliki bunga yang cantik.
Selain masalah pemangkasan, ada baiknya pot anggrek diganti setiap satu tahun sekali. Tetap gunakan pot plastik agar Anda mudah memindahkan tanpa menganggu akar anggrek.

Nah, itu tadi beberapa tips sederhana untuk menumbuhkan anggrek di kebun kesayangan. Apakah Anda memiliki saran lain yang tak kalah bermanfaat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s