Review Eraser

Posted: 9 September 2012 in FREEWARE, TEKNOLOGI


Nama aplikasi ini tergolong bersahaja dan mencerminkan fungsinya. Eraser sendiri merupakan aplikasi yang akan menghapus secara permanen data pada PC baik berupa file maupun folder.


Jika Anda menghapus file melalui Windows dengan perintah Delete, sebenarnya filetersebut masih tersimpan pada hard disk. Meski Recycle Bin telah dibersihkan, fileyang sudah dihapus tersebut masih mungkin dikembalikan secara penuh menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nah, Eraser akan membantu Anda menghapus data tersebut secara permanen sehingga tidak bisa dikembalikan lagi nantinya. 

Secara teori, Eraser akan menghapus data berulang-ulang menggunakan pattern terpilih untuk memastikannya tidak bisa dikembalikan lagi. Penghapusan ini menggunakan teknologi yang telah dikembangkan dan digunakan sesuai standar yang telah diakui. Pengguna bisa memilih metode penghapusan yang diinginkan menggunakan beberapa metode pada bagian Erase Settings. Terdapat pilihan mulai dari yang sederhana hingga penghapusan secara ekstrem.

Di sini akan ditampilkan metode penghapusan yang terdiri dari 14 jenis. Secara default, pilihan jatuh pada metode Gutmann (35 passes) yang sudah cukup ampuh untuk menghapus data-data penting. Secara singkat, metode ini memungkinkan pengguna menghapus data penting dari hard disk dengan memakai pola penghapusan yang dikembangkan oleh Peter Gutmann. Caranya, aplikasi ini akan menimpa file yang sudah dihapus berkali-kali (sebanyak 35 kali). 

Selanjutnya, kita harus menentukan apa yang akan dilakukan dengan membuat aktivitas (task) baru dengan masuk ke pilihan Erase Schedule. Caranya, kita tinggal mengeklik kanan dan memilih New Task. Di sini Anda bisa menentukan file/folder apa yang hendak dihapus. Pilihan penghapusan ini adalah secara manual (Run Manually), secara langsung (Run Immediately), setelah sistem di-restart (Run on restart), atau berulang-ulang (Recurring). Silakan klik Add Data untuk memasukkan data yang diinginkan. Klik OK. Maka tugas (task) tadi akan ditampilkan di situ. Untuk menjalankannya klik kanan pada task yang dituju dan pilih Run Now.
Eraser bisa menjadi solusi bagi yang peduli akan pentingnya data dan tidak ingin data tersebut dimanfaatkan oleh orang yang tidak berkepentingan. Hal ini berguna misalnya jika Anda ingin menjual kembali hard disk atau komputer yang menyimpan data-data penting pribadi atau kantor.
Spesifikasi
  • Jenis Gratis
  • Ukuran instalasi 8,68 MB
  • Situs http://eraser.heidi.ie/
  • Sistem operasi Windows XP SP3/Server 2003 SP2/Vista/Server 2008/7
  • Plus : Pilihan metode penghapusan beragam; mendukung segala jenis media simpan.
  • Minus : Tidak ada pilihan Undo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s