HANPHONE GENERASI PERTAMA (1G)

Posted: 7 September 2012 in INFOTAINMENT, TEKNOLOGI
Hanphone yang pertama kali diciptakan, sering disebut sebagai generasi pertama, atau dalam bahasa Inggris diistilahkan first generation. First artinya pertama, dan generation artinya generasi. Biar tidak terlalu panjang, istilah first generation ini kemudian disingkat menjadi 1G. Kemudian generasi kedua disebut 2G dan generasi ketiganya bernama 3G.

Generasi pertama handphone diluncurkan oleh perusahaan asal Tokyo, Jepang bernama NET pada tahun 1979. Hampir bersamaan dengan itu, yakni pada tahun 1981, muncullah teknologi yang disebut NMT (Nordic Mobile Telephone) di Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia. Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1983, Motorola meluncurkan handphone generasi pertama yang dinamai Motorola Dyna’s 8000X.

Waktu itu, sebenarnya belum disebut dengan istilah handphone. Orang-orang masih mengistilahkannya dengan kata telepon selular. Ukuran handphone waktu itu masih cukup besar dan tidak begitu mudah dijinjing dengan tangan.

Istilah seluler di sini berasal dari kata sel yang berarti bagian. Istilah seluler di sini sebenarnya menggambarkan proses merambatkan gelombang dari satu handphone ke handphone lain yang harus terlebih dulu melewati beberapa bagian. Saat ini, istilah telepon seluler sudah disamakan dan bisa mengganti istilah handphone.

Gelombang radio yang dimanfaatkan oleh handphone generasi pertama ini masih bersifat analog. Artinya, perangkat yang tersedia waktu itu hanya berfungsi untuk menguatkan frekuensi gelombang yang berjalan dari satu handphone ke handphone lain.

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s