RESTORAN PERTAMA DI DUNIA

Posted: 5 September 2012 in INFOTAINMENT
Restoran tentu tak lagi sulit ditemukan di zaman sekarang ini. Tempat makan komersial ini bisa dijumpai hampir di setiap sudut jalan. Selain menyediakan makanan dan minuman, kini restoran juga menyajikan suasana khusus bagi pengunjungnya. Pelanggan tidak hanya sekadar makan, tapi juga bisa menikmati suasana istimewa saat datang ke restoran.

Di kalangan tertentu, makan di restoran sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan sarana pergaulan. Mereka merasa tidak gaul jika tidak nongkrong di restoran. Kelompok ini juga merasa ada bagian hidupnya yang hilang jika tidak datang ke restoran, walaupun sebenarnya cuma sekadar duduk dan ngobrol menghabiskan waktu.

Satu lagi, fungsi restoran kini juga sudah menjadi tempat untuk pertemuan atau bahkan transaksi bisnis. Tidak sedikit restoran yang sekaligus menyiapkan ruang pertemuan untuk para pelanggan, lengkap dengan sarana audio visualnya. Ini menunjukkan berkembangnya fungsi restoran yang semula hanya tempat untuk makan.

Restoran telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut situs inventors.about.com, restoran pertama kali hadir ke dunia pada tahun 1765. A Boulanger adalah nama restoran pertama di dunia itu. Restoran ini berdiri di kota Paris. Dengan berdirinya restoran ini, Paris menjadi memiliki sejarah penting bagi kelahiran restoran dan bisnis kuliner di dunia.

Jangan dibayangkan A Boulanger sudah seperti restoran zaman sekarang. Tidak banyak menu yang disajikan di restoran ini. A Boulanger tidak memiliki daftar menu seperti layaknya restoran di masa kini. Dia hanyalah menyediakan menu tunggal berupa sup. Tapi dari sinilah bisnis restoran mulai berkembang dan banyak menu lain yang kemudian dijadikan komoditas usaha kuliner tersebut.

Setelah bisnis restoran dimulai di Paris, berikutnya muncul kafetarian pertama di dunia yang dipercaya hadir di Kansas City. Kafetarian ini bernama YWCA dan berdiri tahun 1891. Kafetaria ini dianggap sebagai konsep varian dari restoran. Ruangan yang disediakan kafetaria lebih sederhana dibanding restoran, dan menunya pun lebih banyak berupa makanan ringan.

Dari sinilah kemudian bisnis restoran berkembang dalam berbagai konsep hingga saat ini. Ada restoran tradisional, restoran cepat saji, kafe, dan sebagainya. Saat ini, restoran telah menjadi bisnis besar yang menghadirkan banyak pengusaha terkemuka. Tak hanya menjalankan bisnis konvensional, restoran juga kemudian berkembang menjadi waralaba yang mendunia.

source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s