Kota Tertua di Dunia

Posted: 13 Juli 2012 in INFOTAINMENT

Ada banyak kota di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Untuk Anda yang berminat dengan sejarah dunia, sempatkanlah datang ke kota tua yang ada di dunia. Belajar sambil jalan-jalan pasti menarik.

Setiap negara tentu memiliki kota tua yang asyik dan sarat sejarah untuk dikunjungi. DikutipPangkalan Unik.Com dari laman detikTravel, berikut adalah 5 kota tua di dunia yang menarik untuk dikunjungi saat liburan:

1. Yerikho, Palestina




Yerikho adalah sebuah kota yang terletak di dekat Sungai Yordan. Kota yang memiliki populasi 25.000 orang ini dipercaya sebagai salah satu kota tertua di dunia. Menurut arkeolog, desa pertama yang yang ditemukan di Yerikho diduga berusia 200 tahun lebih tua dari daerah yang lain. Usia kota ini sekitar 10.000 tahun.

Kota yang menyimpan banyak kekayaan sejarah ini memiliki letak geografis yang unik. Yerikho berada di 244 mdpl. Beberapa jejak arkeologi dunia ada di tempat ini. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa melihat kawasan lembah yang subuh dan asri. Tidak hanya itu, Anda juga menemukan bangunan bersejarah, seperti benteng, menara, dan bangunan lainnya. Pengunjung yang datang ke Yeriko, bisa menikmati susana kota tua lewat kereta gantung yang telah disiapkan.

2. Gaziantep, Turki 




Kota tua kedua di dunia adalah Gaziantep, Turki. Dulu, kota ini bernama Antep. Giazantep adalah salah satu kota tua yang berdiri dan ditinggali penduduk. Kota ini diperkirakan telah ada sejak tahun 3650 SM dan berlokasi sekitar 185 km timur laut dari Kota Adana. Jumlah penduduk yang menempati Kota Gianzatep cukup banyak,yaitu 1,3 juta jiwa. Jumlah ini menjadikannya sebagai kota terpadat keenam di Turki.

Jika berkunjung ke Gaziantep, Anda akan dibawa masuk ke dalam kota yang penuh dengan keramahan. Penduduknya yang ramah-ramah membuat wisatawan betah berlibur di tempat ini. Serunya lagi, Anda bisa melihat masjid, sekolah, penginapan, atau hotel yang berasal dari beberapa abad lalu. Rumah-rumah di Gaziantep terbuat dari batu. Meskipun demikian, rumah-rumah ini tidak terlihat kaku karena di halamannya dihias dengan pohon anggur dan taman yang asri.

3. Giza, Mesir




Mesir, siapa yang tak tertarik dengan negeri satu ini. Mesir memang terkenal sebagai negara yang menyimpan sejarah. Tapi tahukah Anda kalau Mesir memiliki salah satu kota tua di dunia?

Kota Giza di Mesir adalah salah satu kota tua di dunia dan diperkirakan telah ada sejak tahun 2568 SM. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menemukan piramida yang berdiri kokoh di atas padang pasir. Menurut arkeolog, piramida yang terdapat di Giza adalah piramida terbesar di dunia. Tidak hanya itu, jika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa melihat Sphinx yang telah berusia ribuan tahun. Di tahun 2012 ini, dataran Giza akan diubah menjadi Grand Museum of Egypt. Pasti menarik untuk dikunjungi.

4. Zurich, Switzerland




Dari daratan Timur Tengah, saatnya pindah ke Eropa. Eropa ternyata juga memiliki kota tua di dunia, yaitu Zurich. Zurich adalah kota tertua di Eropa dan diperkirakan telah ada sejak tahun 3000 SM. Pertama kali didirikan pada zaman Romawi dengan nama Turicum. Berbagai jejak masa lalu bisa ditemukan di kota ini. Salah satunya adalah pemukiman dari neolitik dan zaman perunggu di sekitar Danau Zurich.

Jika berkunjung ke Zurich, Anda bisa melihat ada banyak cafe, butik dan toko barang antik yang memenuhi jalan. Penasaran? Datang saja ke Bahnhofstrasse. Ini adalah salah satu jalan yang dipenuhi dengan toko-toko. Selain itu, Anda juga jalan-jalan ke dua gereja tua yang memiliki interior indah, yaitu Grossmunster dan Fraumunster.

5. Lisbon, Portugal




Kota Lisbon di Portugal adalah sebuah kota yang berada di perbukitan sebelah utara Sungai Tanus, diperkirakan telah ada sejak tahun 2000 SM. Lisbon sangat berkaitan erat dengan masa lalu. Selama masa Neolitik, kota ini dihuni oleh pra-suku Celtic. Suku ini membangun monumen-monumen keagaaman dan penguburan. Peninggalan ini masih bertahan dan bisa Anda tengok langsung di daerah yang terletak di pinggir Lisbon.

Banyak hal yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Lisbon. Wisatawan bisa melihat istana-istana kuno yang telah dipugar, gereja-gereja tua yang indah, dan Art Nouveau yang menjadi daya tarik kota ini. Tidak hanya itu, Lisbon juga memiliki Calouste Gulbenkian Museum, National Coach Museum, dan Carmo Archaeological Museum yang menyimpan benda bersejarah kota ini. Untuk Anda pecinta kehidupan malam, jangan lewatkan berkunjung ke Bairro Alto. Ini adalah pusat kehidupan malam Lisbon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s