Aplikasi Mobile Gratisan ‘Kuras’ Baterai Lebih Cepat

Posted: 5 Mei 2012 in INFOTAINMENT, TEKNOLOGI

Bagi pengguna ponsel pintar aplikasi gratis dianggap sebagai sebuah ‘berkah’, namun yang tidak mereka ketahui, memakai aplikasi gratisan ternyata dapat menguras tenaga baterai gadget lebih cepat.
Menurut sebuah studi terbaru, aplikasi mobile gratis yang menggunakan jasa pihak ketiga untuk menampilkan iklan ternyata mengkonsumsi jauh lebih banyak tenaga baterai.
Peneliti menggunakan alat khusus untuk memantau penggunaan energi oleh beberapa aplikasi pada smartphone Android dan handset Windows Mobile.
Dalam sebuah kasus ditemukan bahwa 75 persen dari konsumsi energi sebuah aplikasi dihabiskan untuk memberikan tenaga pada iklan.
Menurut laporan sang penulis, Abhinav Pathak mengatakan para pembuat aplikasi harus lebih serius mempertimbangkan optimasi energi.

Aplikasi gratisan biasanya memiliki iklan built-in, sehingga para pengembang dapat menghasilkan uang tanpa harus mengenakan biaya untuk download aplikasi awal.
Pathak mengatakan kepada BBC bahwa pengembang mungkin harus berpikir dua kali ketika menggunakan iklan dari pihak ketiga dan layanan analisis dalam aplikasi mereka.
Penelitian yang dilakukan oleh tim di Universitas Purdue di Indiana, Amerika Serikat, meneliti aplikasi yang populer pada pengguna smartphone, seperti Angry Birds dan Facebook.
Namun, karena adanya pembatasan dalam sistem operasi mobile Apple, tim tersebut tidak mampu untuk menjalankan tes pada iPhone.

Dalam kasus Angry Birds, penelitian menunjukkan bahwa hanya 20 persen dari total konsumsi energi digunakan untuk benar-benar memainkan game tersebut. Sisanya, 45 persen digunakan untuk mengetahui lokasi anda guna menetukan target iklan yang cocok bagi anda.
Tes dilakukan dengan menjalankan aplikasi melalui koneksi 3G. Hasil mencatat bahwa banyak aplikasi meninggalkan koneksi terbuka hingga 10 detik setelah men-download informasi.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s