Waspada Mainan Anak Mengandung Merkuri

Posted: 30 Januari 2012 in INFOTAINMENT
ORANG tua harus lebih waspada membeli mainan buat anak walaupun alat-alat tersebut dapat mendidik dan meningkatkan kreativitas di buah hati. Sebab, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menemukan sejumlah mainan anak yang mengandung timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd), dan chromium (Cr).

YLKI memeriksa 21 mainan secara acak di lima wilayah di Jakarta. Mereka menemukan 12 tempat yang menjual mainan mengandung unsur-unsur berbahaya tersebut.

“Kami membeli sampel di beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan (mall), pasar mainan, swalayan, dan toko buku dengan mengambil produk yang dibuat dari Indonesia, China serta negara lain seperti Israel, Thailand, dan Inggris,” kata staf peneliti YLKI Noor Jehan saat jumpa media di Jakarta, Rabu (25/1).

Jehan menjelaskan tahap pengujiannya telah melalui uji laboratorium mengenai kandungan logam berat dan analisis label serta informasi di kemasan. Sebanyak 21 mainan yang diuji terdiri dari mainan edukasi berbentuk sempoa, kereta, sejumlah puzzle, balok ukur berwarna, balok rumah-rumahan, rumah hitung kayu serta kotak pos yang semuanya menggunakan cat pewarna.

Dari 21 mainan tersebut hanya tujuh mainan yang memberikan label di kemasannya. Sisanya hanya dikemas plastik dengan petunjuk harga tanpa ada penjelasan bahan dan cara penggunaan mainan.

Jehan menjelaskan kadar timbal tertinggi ditemukan pada cat pewarna mainan dinosaurus kayu sebesar 8,83 miligram. Lalu tertinggi kedua puzzle kucing dengan jumlah timbal sebesar 8,4 miligram, serta puzzle ikan sebesar 7,57 miligram. Seluruh mainan tersebut tidak diketahui pembuatnya dan tidak menyertakan label kandungan bahan mainan serta penggunaan.

Untuk kadar merkuri tertinggi ditemukan di mainan edukasi berbentuk sempoa kecil dengan jumlah 39,27 miligram, lalu tertinggi kedua terdapat pada mainan Three Branded dengan total 37,14 miligram.

Serta yang ketiga dengan nilai 12,37 miligram terkandung di mainan Maze. Semuanya juga tidak mencantumkan nama pembuat dan label penggunaan serta keterangan bahan mainan.

Zat kromium yang ditemukan pada mainan anak-anak terkandung di cat pewarna mainan puzzle bentuk dengan jumlah 17,47 miligram, lalu juga terkandung di City Block A dengan kadar 13,76 miligram, juga pada mainan Plan Toys Balancing Cactus buatan Thailand dengan jumlah 11,57.

Sementara itu zat Kadmium ditemukan di beberapa mainan dengan jumlah tidak lebih dari satu miligram.

 
 
….Waspadalah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s